Sabtu, 03 November 2012

loneliness

Apakah tuhan pernah kesepian. Kutanyakan karena aku bukan tuhan dan sering merasa kesepian.
Kesepian di keramaian, kesepian ketika berada bersama seseorang, kesepian di tengah banyak orang.
Tuhan mungkin kesepian, alasan yang wajar untuk menciptakan segenap isi alam semesta.
Tuhan mungkin suka melihat semua ciptaannya tidak sendirian, tidak kesepian.
Tuhan menciptakan mahluk mahluk lucu untuk menghibur dirinya dan ciptaannya. Sepasang. Seperti manusia manusia membuat boneka boneka dengan posisi saling memeluk, atau memotret dan merekam adegan adegan dua mahluk yang saling mendekap, menumpahkan kerinduan dan kasih sayang. Mengabadikan keindahan sok imut yang selalu bertebaran dan digemari manusia kekanakan. Boneka monyet, beruang, kuda nil, katak, apa saja saling memeluk.
Apakah tuhan pernah kesepian di tengah riuhnya doa doa, puja, puji pujian. Aku bertanya karena khawatir tuhan sungguh sungguh merasa kesepian ketika melihatku mendekap kitab suci, mengatupkan tangan, berdoa, mengatakan terima kasih, memohon maaf dan berkah.
Kalau kubilang aku ingin sekali memeluk tuhan, sekali sekali, sering kali, aku takut tuhan tak percaya. Aku ragu kepada tuhan dan diriku. Tidak ada ketulusan. Apakah ketulusan penting. Kenapa aku tak kenal diriku sendiri. Ingin kubuang jauh jauh semua yang pernah kudekap untuk memeluk tuhan. Kalimat yang diawali kata ingin sspertinya tidak meyakinkan.
Hanya khayalanku yang munafik dan tak tahu diri. Ingin memeluk tuhan. Dan menyia nyiakan segala kesempatan atau jalan untuk mendekati ia yang ingin kupeluk.
Apakah tuhan sekarang sedang kesepian, pertanyaanku terdengar basa basi*