Sabtu, 11 Januari 2014

*

suatu kemajuan dahsyat terjadi pada sekelompok orang di negeri ini. mengkhawatirkan anak anak mereka membaca literatur yang salah. salah di sini dipersempit maknanya menjadi tidak sesuai fakta. luar biasa, bukan lagi khawatir tentang kelaparan, kemiskinan, kegagalan meraih cita cita, dan lain lain yang sudah biasa hingga menjadi kebiasaan untuk dikhawatirkan.
luar biasanya, sebenarnya adalah ketegaan sekelompok orang untuk meragukan kualitas keturunannya sendiri. sampai hati mengira anak anak mereka kemungkinan lebih tidak mampu menemukan dan melihat kebenaran dari sebuah literatur yang salah.
kekhawatiran karena kasih sayang. keyakinan karena kasih sayang. hanya saja, kasih sayang tidak dapat menunjukkan keduanya dalam satu tempat dan keadaan. dan semua selalu sepakat, segalanya terjadi karena pilihan.
semua atau sekelompok orang boleh dan benar, mengatai kesalahan sangat fatal dan tak termaafkan. mengutuk dan menyerapahi seorang ibu yang sangat yakin anak anaknya tidak akan terjerumus dalam kesalahan apapun tanpa anak anaknya sendiri memilih untuk terjerumus. semua anak anak akan tumbuh besar, dewasa, jiwa dan raga. pasti mampu memilah fakta, memilih kebenaran dan kesalahannya masing masing. seandainya pilihan mereka salah menurut kebenaran mereka, tak akan mengubah kenyataan bahwa mereka adalah anak anaknya.
siapa sih penanam buah kuldi. tidak bisakah siapa saja menebang satu pohon, satu pohon di tengah taman yang konon menjadikan segalanya terpisah, kebenaran dan kesalahan, kebaikan dan kejahatan. gara gara memakan buahnya seorang perempuan harus susah payah melahirkan anak anaknya dan seorang lelaki wajib memikul beban dan tanggung jawab menjadi ayah. kisah paling absurd. pasti bacaan ngawur. tidakkah lebih layak seorang ibu mengkhawatirkan anak anaknya membaca kitab suci ketimbang literatur manapun.
sebuah buku yang menghebohkan sekelompok orang. sekelompok orang yang menyumpahi beberapa penyusun buku yang menghebohkan mengatai dengan lantang sebuah buku tersebut tidak bermutu dan busuk. sekaligus khawatir sebuah buku tidak bermutu dan busuk akan sanggup mengacaukan sejarah dan menyesatkan pendapat anak anaknya.
kasihan, kekhawatiran sekelompok orang menjadikan seorang ibu tidak dapat menahan dirinya untuk terhanyut. tergoda untuk memamerkan sampah kepada yang bukan anak anaknya, yang tidak terbiasa dengan riang menangkapi lalat untuk mengagumi bunyi getar sayapnya. pekerjaan jorok dan tidak bermanfaat seringkali bikin senang, mengusir banyak kekhawatiran. dalam kitab suci yang ngawur ada tertulis, jangan khawatir tentang apapun, tak ada yang akan berkurang atau bertambah karena kekhawatiran seorang mahluk.
membaca sebuah kitab suci yang ngawur, akibat terburuknya menjadikan seorang ibu puas setelah memamerkan sampah. jelas busuk, kenapa harus khawatir. masa sudah busuk, masih khawatir terlihat busuk. mending ke laut aja*