Sabtu, 30 November 2013

*

perempuan diciptakan karena laki laki kesepian..
setan mengubah dirinya jadi ular untuk membujuk perempuan menelan pengetahuan. kemudian membagikan pengetahuan kepada laki laki.
pengetahuan membuat laki laki dan perempuan saling memandang dan menemukan ketelanjangan.
ketelanjangan membutuhkan pakaian dan kengganan menjumpai tuhan.
ada yang tidak dimengerti untuk yang tidak mengerti. kenapa ular. mungkin karena cantik, menggeliat dan menyeramkan. bahkan tuhan, merasa tidak cukup sepadan menjadi teman laki laki, merasa perlu menciptakan perempuan. semula, tidak ada laki laki atau perempuan menginginkan pengetahuan. laki laki melahap pengetahuan karena rayuan perempuan. perempuan mencuri, mencicipi, akhirnya membagikan pengetahuan kepada laki laki sebab bujukan setan berwujud ular..
satu satunya kesimpulan yang tidak mengacaukan adalah tidak ada kesimpulan. simpul mengeratkan dan mengendorkan ikatan. tak ada tali pada kisah ini. kalau ingin sempurna seperti pada awal mula, tidak ada apa apa. tidak ada laki laki. tidak ada perempuan. tidak ada setan atau ular. tidak ada pengetahuan. hanya ada tuhan. sendirian. itupun kalau tuhan tidak menghilangkan keberadaannya sendiri. sendirian. tuhan tidak kesepian. sendirian. tuhan tidak butuh tuhan atau menjadi tuhan. sendirian.
aku bukan tuhan. sendirian bisa bikin edan. semoga ada setan mendengarku memanggil tuhan saat sendirian. setan yang baik hati, mau menyamar jadi ular, membujukku supaya rajin belajar hingga jadi pintar*