Senin, 04 November 2013

*

apakah seekor ikan air tawar akan mati jika tercebur ke dalam laut. kalau tidak mati, apakah karena laut terdiri dari air. kalau mati, apakah karena kandungan garam menyebabkan air laut tidak tawar lagi. bukan pertanyaan dalam. pasti tidak sukar menemukan jawaban jika mau mencari. bisa jadi tidak asyik. beberapa pertanyaan dangkal sanggup menenggelamkan hidup dalam kesenangan sepanjang usia.
apakah seekor ikan air tawar akan mati jika tercebur ke dalam laut. akuarium melebar dan bertambah dalam, koral dan karang cantik berserakan, air menghangat dan terasa sedap. matipun tidak sia sia demi sesaat yang luar biasa. hidup selamanya dalam keajaiban indah yang tak terbayangkan sebelumnya. alangkah beruntungnya seekor ikan air tawar yang berani bertanya, yang pernah sembarangan menduga bahwa ada air yang tidak tawar di luar sana. air yang menyimpan kematian atau kehidupan sebagai hadiah kejutan untuk sebuah petualangan.
seorang manusia, lebih masuk akal jika dia anak nakal yang jahil akibat kurang perhatian, akan melakukan percobaan untuk mewujudkan kegilaan hasrat seekor ikan air tawar. jika tidak ada jenis manusia yang mampu dan bersedia mengambil resiko kehilangan hewan peliharaan, alam semesta akan menerima perannya. menciptakan getaran kuat, mendatangkan gelombang dahsyat dan ombak hebat, untuk mengirimkan air laut ke dalam akuarium.
sebelum segala macam kemungkinan berlebihan menjadi kenyataan di luar akal. siapapun yang bertanya, apakah seekor ikan air tawar akan mati jika tercebur ke dalam laut, sebaiknya jatuh tertidur. akan lebih baik lagi kalau manusia itu bermimpi bertemu seekor tupai betina yang sangat pintar, baik hati dan setia kawan. satu satunya tupai betina di dunia, yang mengenakan baju dan helm luar angkasa sepanjang hari agar dapat tinggal di dasar laut dan bermain bersama sahabat sahabatnya*