Senin, 01 Juli 2013

metamorfosa

aku lebih pantas menjadi manusia. bukan kupu kupu. belum pernah kutahu sebuah kepompong yang gagal menumbuhkan sayap tidak mati sia sia. tidak ada kepompong yang pecah, mengeluarkan seekor ulat hidup yang merasa baik baik saja. bersemangat memandangi daun daun muda dan harum, menumbuhkan hasrat untuk mengulang kembali proses metamorfosa. dimulai dengan makan sebanyak mungkin, kemudian membuat kepompong sebagai tempat berlindung. dalam tidur panjang mewujudkan impian memiliki sepasang sayap indah yang dapat mengantar tubuh kepada madu dan wangi bunga bunga .
ulat sungguhan cuma punya satu kali kesempatan mengubah diri menjadi mahluk yang lebih menarik dan layak dipuji. aku lebih pantas menjadi manusia, tidak putus asa, tanpa lelah mengulangi setiap usahaku menjadi lebih indah, agar mendapatkan makanan dan tempat lebih terhormat..
aku puas lebih pantas menjadi manusia hingga suatu hari, seekor kupu kupu menatapku, mungkin kupu kupu kasihan padaku, mungkin kupu kupu merasa terhina dan berniat meluruskan masalah. kupu kupu berbicara dengan matanya, berapa kalipun kaulalui metamorfosa, tak akan mengubahmu menjadi kupu kupu. kau benar, kau lebih pantas menjadi manusia.
aku tertegun, berhenti mengunyah sejenak. segera setelah mengosongkan mulutku dari sesuap daun daun segar, akan kusuruh kupu kupu diam. seekor kupu kupu lebih pantas tidak bicara*