Rabu, 31 Juli 2013

*

bagimana kira kira perasaan seorang anak ketika pertama kali mendengar, kemudia paham, ia tak pernah diinginkan oleh orang dewasa yang menyebabkan ia ada.
baik baik saja. ia membaca kitab suci, menggaris bawahi ayat ayat tentang cinta kasih, janji janji sosok bernama tuhan untuk memberikan surga jika ia percaya dan bersikap baik kepada sesamanya.
ia menghabiskan malam panjang seorang diri di ruang tengah, menonton televisi, atau membaca buku buku yang sulit dimengerti.
apa lagi. tidak ada. usianya bertambah dengan normal. tubuh dan jiwanya berkembang sehat. senormal dan sesehat seluruh anak lain di permukaan bumi. ia juga mengerti cara tertawa bahagia dan menangis sedih.
singkatnya tak ada yang kurang atau hilang.
suatu hari ia jatuh hati. juga dengan cara dan gaya wajar. meskipun ia kadang kadang kolokan, menyebalkan dan berusaha keras lebih diperhatikan, semuanya masih dalam batas kewajaran.
bagaimana kira kira perasaan seorang perempuan ketika pertama kali mendengar,kemudian memahami, perkataan kekasihnya bahwa ia sama sekali tidak istimewa.
masih baik baik saja. ia tidak pernah lagi membaca kitab suci, tidak peduli tentang cinta kasih, mengacuhkan semua janji. berusaha bersikap skeptis dan adil kepada semua mahluk dan benda benda yang disentuhnya.
ia menghabiskan malam panjang seorang diri dalam sebuah kamar, mendengarkan musik sambil menulis segala yang disangkanya telah dimengerti.
apa lagi. tidak ada. tubuh dan jiwanya tidak menjadi penyakitan. cukup sehat untuk bisa tertawa bahagia atau menangis sedih. tak ada yang kurang atau hilang.
suatu hari ia berpikir kekasihnya benar, ia sama sekali tidak istimewa. sama persis dengan segenap manusia lain yang bertahan hidup di permukaan bumi.
ia mulai bertanya, kenapa yang tidak istimewa bisa selalu baik baik saja. jika pertanyaan tersebut muncul ketika sedang dilanda kerinduan tingkat tinggi, ia merangkai jawabannya sendiri. karena disayangi oleh seorang kekasih. kekasih istimewa yang masih menyayangi kendati tahu pasti ia sama sekali tidak istimewa. jawaban yang cukup membuatnya tertawa bahagia atau menangis sedih. manapun yang akhirnya dipilihnya dan terjadi, tak akan ada yang kurang atau hilang*