Minggu, 22 Desember 2013

*

tidak kucari kau sebelum bertemu. tidak pula kucari kau setelah kehilangan. kau dan aku hanya jalan.
seruas jalan tidak mencari tujuan. hanya tempat langkah langkah menempuh petualangan, menjauhi awal, mendekati akhir, sesekali berputar. beberapa persimpangan dan tikungan, satu dua peristiwa menarik perhatian, dibatasi tepian tempat keteduhan. jika ada yang dapat diharapkan untuk seruas jalan, adalah terhampar luas, lurus, tidak curam, tidak berlubang, dan terang. semestinya setiap langkah tidak berharap pada jalan, tapi pada penunjuk jalannya masing masing. setiap langkah sebaiknya tidak bepergian tanpa tahu tujuan. tak ada langkah yang patut mempersalahkan kita, mereka boleh lewat atau singgah sekehendak pemilik langkah. atau tidak memilih seruas jalan untuk ditempuh.
seruas jalan tidak menghindar. keramaian atau kesepian, segala musim dan cuaca, setiap irama langkah. jalan tidak meredam getar atau memantulkan gema.
biar langkah langkah saling bicara dalam perjalanan mereka. bertukar cerita tentang kau dan aku. seruas jalan, seandainya mendengar, tak akan pernah bangkit, berdiri tegak, melangkah atau berlari untuk saling mendekat. beberapa langkah berkata, ada awal pasti ada akhir, jalan seperti tidak mendengar, atau tidak peduli. kau dan aku tetap terhampar, diam seperti mengantar, seperti tak akan hilang*