Senin, 05 Agustus 2013

*

untuk menaklukkan hidup tidak perlu bersekongkol dengan maut. lagipula hidup bukan binatang liar yang harus dijinakkan sebelum bisa ditunggangi. manusia sehat dan bersemangat selalu suka jalan jalan. jalan jalan dengan ditemani tunggangan rasanya lebih nikmat, tak bikin lelah, lebih terhormat pula. jalan jalan menunggangi kehidupan, alangkah megahnya. cara untuk menjadi penguasa dunia. panguasa dunia, sekecil apapun dunia yang dikuasai. kekuasaan yang dikerjakan dengan benar, alangkah besar manfaatnya.
masalahnya standar dunia, kekuasaan, kebenaran dan manfaat sangat tidak baku. hanya semili meter saja bergeser akan menghasilkan pemahaman dan cara pandang tidak sama.
masalahnya adalah menjadikannya masalah.
sebagian besar atau kecil juga tergantung statistik, anak usia belasan yang bersekolah di negara negara maju sudah pernah membaca camus.
di sini, sebagian besar atau kecil, anak usia sekolah dasar sudah sering membaca kamus.
tidak ada masalah kesenjangan bahasa di antara kita.
tentu, kita sedang ngobrol tentang bacaan anak anak yang belum dewasa.
anak anak bebas membaca apa saja. mereka semua si kecil manis sedang sibuk belajar menalukkan kehidupan dengan menunggangi kuda kudaan, mengayunkan pedang pedangan, membidik dengan pistol pistolan. setelah tumbuh dewasa tak ada anak anak sempat mengingat sebanyak apa manusia berhutang rasa aman kepada mainan.
manusia dewasa bermain dengan lebih sungguh sungguh, dengan manusia dan benda benda yang diciptakan bukan untuk dipermainankan. apakah masalahnya.
masih sama. masalahnya adalah menjadikannya masalah*