Minggu, 16 Desember 2012

tanpa judul

Sekelompok anak perempuan menamai kelompoknya gank yang bisa bicara dengan bunga. Aku terlalu tidak peduli untuk mencari tahu tentang kata gank, yang diucapkan geng. Setahuku gang berarti jalan sempit, kuartikan secara bebas dan nyata. Sedangkan gank, diucapkan geng berarti sekelompok manusia yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberapa hal, bisa apa saja.
Mereka sekumpulan anak permpuan kaya yang kelihatan pintar, kelihatan dari nilai nilai rapornya. Bukan urusanku. Tapi gank yang bisa bicara dengan bunga menarik perhatianku. Beberapa anak perempuan yang menyebut dirinya anggota gank yang bisa bicara dengan bunga kerap mengerjakan ritual berdiri melingkar, bergandengan tangan, bergerak mengelilingi sebuah atau sekumpulan tumbuhan berbunga. Anak anak tersebut mengatakan atau menyanyikan syair yang tak dapat kudengar sekalipun telah kupicingkan mata.. Anak anak perempuan anggota gank yang bisa bicara dengan bunga percaya bakal tumbuh mutiara pada kembang kembang yang sedang mekar.
Seorang anak perempuan yang tak punya banyak teman dibuat penasaran oleh nama dan tingkah laku sekumpulan anak perempuan yang menamai dirinya gank yang bisa bicara dengan bunga. Seorang anak perempuan anggota gank yang bicara dengan bunga menyampaikan pada si anak perempuan yang tak punya banyak teman dan sedang penasaran, bahwa ia dapat diterima sebagai anggota gank yang bisa bicara dengan bunga apabila bersedia meninggalkan satu satunya temannya. Lain waktu, anggota gank yang menyampaikan pesan pada anak perempuan yang tak punya banyak teman akhirnya dikeluarkan dari keanggotaannya dalam gank yang bisa bicara dengan bunga. Tak lama setelah anak perempuan penyampai pesan membuatkan lambang, sebagai simbol identitas untuk gank yang bisa bicara dengan bunga.
Sungguh beruntung anak perempuan yang tak punya banyak teman tidak meninggalkan satu satunya temannya. Anak perempuan penyampai pesan pada akhirnya meneukan kelemahan gank yang bisa bicara dengan bunga dari internet, mencetaknya, menaburinya dengan garam sambil mengucapkan mantra. Hingga tamatlah riwayat gank yang bisa bicara dengan bunga.
Anak anak perempuan kaya yang kelihatan pintar tak perlu lagi mengerjakan ritual mengitari tanaman. Anak perempuan penyampai pesan baik baik saja. Anak perempuan yang tak punya banyak teman semakin akrab dengan satu satunya temannya.
Aneh tapi nyata. Kalau dijadikan naskah drama bagi anak anak sekolah dasar terasa membingungkan dan mengada ada. Hanya orang dewasa Tak apa. Aku hanya tak tahu apa judulnya. Yang pasti gank yang bisa bicara dengan bunga tak layak menjadi judul karena bukan tokoh utama dan sudah bubar*