Jumat, 08 Agustus 2014

*

apakah yang harus ada untuk menjadi sebuah pintu yang baik. selembar papan, pegangan, ruang, lubang kunci, anak kunci, atau seseorang yang membutuhkan batas. selembar papan bukan harus ada, melainkan bahan utama pembuat pintu, atau pintu itu sendiri. agar sempurna pintu membutuhkan lebih dari hanya selembar papan yang berdiri tegak.terbuka atau tertutup.
lucu, kupikir barisan toko seolah olah tak butuh pintu ketika sedang menjalankan fungsi sebagai tempat jual beli. pintu hanya berguna ketika sebuah toko sedang tidak berfungsi normal, jika mahluk hidup ibaratnya adalah mati, mati suri, pingsan atau hibernasi. baru kali ini sulit mengungkapkan pikiran, hanya dapat berkata, pintu model gulung dan harmonika, yang biasa terbuat dari logam, bukan selembar papan, seolah olah bukan pintu biasa. pintu biasa macam pintu rumah, selembar papan yang diberi beberapa perangkat tambahan untuk membuat penggunanya semakin nyaman.
tak ada toko berjendela. jika terdapat jendela pada sebuah bangunan tempat jual beli, pastilah bukan toko, tapi rumah toko. tentang pintu dan jendela saja, toko sangat berbeda dengan rumah. seperti memastikan sesuatu yang diketahui semua orang, tempat kerja dan tempat tinggal tidak sama. pintu biasa hanya dapat menjadi pintu yang baik pada sebuah rumah*